Siapkan Rudal Pencegah Hujan

Siapkan Rudal Pencegah Hujan
Siapkan Rudal Pencegah Hujan
KIEV - Euro 2012 memang berlangsung di musim panas. Tapi, Ukraina juga mengantisipasi kemungkinan turunnya hujan yang bisa saja mengganggu kelancaran turnamen. Sebagai tindakan pencegahan, Ukraina sudah membuat puluhan rudal.

 

Tapi, jangan beranggapan rudal itu sama seperti rudal yang ditembakkan oleh pesawat atau kendaraan tempur lainnya. Rudal yang dimaksud adalah semacam roket-roket dengan tenaga penggerak baterei. Rudal itu akan ditembakkan dari darat ke angkasa ketika cuaca sedang mendung.

 

"Roket itu bertugas memecah awan mendung sehingga hujan tidak jadi turun," kata juru bicara LOC (panitia lokal) Euro 2012 sebagaimana dilansir Reuters.

 

Sebelum memilih rudal sebagai sarana pencegah hujan, Ukraina lebih dulu menjajal cairan kimia yang ditembakkan dari pesawat. Hal itu diujicobakan dalam perayaan World War Two Victory Day (9/5). Kala itu, angkatan udara Ukraina meluncurkan pesawat kargo Antonov-30 untuk menyemprotkan cairan kimia.

 

KIEV - Euro 2012 memang berlangsung di musim panas. Tapi, Ukraina juga mengantisipasi kemungkinan turunnya hujan yang bisa saja mengganggu kelancaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News