Siaran TV Digital Banyak Manfaatnya, Ayo Segera Beralih

Siaran TV Digital Banyak Manfaatnya, Ayo Segera Beralih
Ilustrasi siaran tv digital. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menjelaskan, program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi ke siaran TV Digital, didorong atas kebutuhan transformasi digital yang berlangsung di semua lini kehidupan.

Philip menjelaskan TV Digital memiliki kelebihan teknologi, yaitu menghantarkan audio visual yang bersih dan jernih.

Masyarakat Maluku yang akan memasuki fase migrasi ke TV Digital, akan merasakan sendiri keunggulan ini.

“TV Digital itu bukan TV Streaming. Jadi tidak memerlukan biaya kuota internet, juga tidak seperti TV satelit atau parabola,” ujar Philip dalam Webinar 'Seputar Siaran TV Digital: Alasan Beralih ke Siaran TV Digital', Rabu, (2/3).

Menurutnya, manfaat lanjutan migrasi siaran TV Analog ke Siaran TV Digital adalah hadirnya internet cepat. Peningkatan kualitas layanan internet ini juga memberikan manfaat positif untuk UMKM.

Lebih terbuka jalan untuk menembus pasar lebih luas melalui akses internet.

“ASO bisa digunakan atau dimanfaatkan secara lebih luas untuk kesempatan-kesempatan mendorong perekonomian digital. Mendorong pula pembangunan ekosistem digital dan ini merupakan suatu kesempatan yang penting atau peluang yang besar untuk mendorong bertumbuhnya ekonomi digital,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Yuliandre Darwis menuturkan setiap lembaga penyiaran harus mulai melakukan peralihan penyiaran digital.

TV Digital memiliki kelebihan teknologi, yaitu menghantarkan audio visual yang bersih dan jernih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News