Sidak BBPOM, Temukan Kemasan Makanan Kaleng Rusak

Sidak BBPOM, Temukan Kemasan Makanan Kaleng Rusak
CEK MAMIN: Staf pemeriksaan dan penyelidikan BBPOM Surabaya, Pipin Eri Agustina (kanan) dengan didampingi Satgas Pangan Polrestabes Surabaya, melakukan peninjauan makanan kemasan di Kitto Swalayan, Senin (16/5). Foto Andy Satria/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menjelang bulan ramadan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan Satgas Pangan Polrestabes Surabaya menggelar inspeksi mendadak (sidak)untuk mengawasi peredaran makanan, Selasa (16/5).

Pengawasan dipusatkan di beberapa supermarket di kawasan Mulyosari, Surabaya Timur. Empat lokasi yang dikunjungi, yakni Kitto Swalayan, Giant Supermarket Mulyosari, East Coast Hypermart dan Superindo.

Staf pemeriksaan dan penyelidikan BBPOM Surabaya Pipin Eri Agustina menjelaskan, kegiatan sidak ini merupakan Operasi intensif pemberantasan obat dan pangan ilegal untuk pengawasan produk pangan menjelang bulan Ramadan.

“Mulai hari ini (kemarin, Red) operasi pengawasan akan kami lakukan secara intensif. Kami akan berikan peringatan bagi pemilik sarana yang menyalahi aturan,” ujar perempuan berhijab itu.

Operasi yang menggandeng Satgas Pangan dimaksudkan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan konsumsi pangan yang cukup dan terjamin kualitasnya selama Ramadan.

Kitto Swalayan di Jalan Raya Mulyosari itu menjadi titik pertama yang dikunjungi. Sedikitnya ada empat staf BBPOM Surabaya bersama lima anggota Satgas Pangan Polrestabes Surabaya menemui Supervisor Supermarket yang bertugas menunjukkan surat perintah inspeksi.

Petugas lantas menyisir setiap sudut etalase yang berisikan aneka pangan dan minuman kemasan. Petugas mengamati satu per satu produk dan memelototi tanggal kadaluarsa serta izin produksi pangan.

“Kami fokuskan produk pangan produksi dalam negeri maupun impor. Khususnya pangan yang banyak dikonsumsi selama Ramadan,” imbuh Pipin.

Menjelang bulan ramadan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan Satgas Pangan Polrestabes Surabaya menggelar inspeksi mendadak (sidak)untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News