Sidang Umum Ke-44 AIPA Rampung, Berikut Ini Resolusi yang Dihasilkan

Sidang Umum Ke-44 AIPA Rampung, Berikut Ini Resolusi yang Dihasilkan
Ketua Pertemuan Parlemen Muda AIPA (YPA) Dyah Roro Esti Widya saat menyampaikan laporan pada Rapat Paripurna dalam rangkaian Sidang Umum ke-44 'ASEAN Inter-Parliamentary Assembly' (AIPA) di Jakarta, Selasa (8/8). Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Paripurna pada Sidang Umum ke-44 'ASEAN Inter-Parliamentary Assembly' (AIPA) menyetujui laporan ketua Pertemuan Parlemen Muda AIPA atau 'Young Parliamentarians of AIPA' (YPA) Dyah Roro Esti Widya tentang resolusi memajukan keterlibatan pemuda untuk pembangunan Inklusif, transformasi ekonomi, dan partisipasi demokratis.

“Apakah ada masukan dan tanggapan terkait resolusi yang diberikan oleh YPA,” tanya Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA Ke-44 Puan Maharani saat memimpin sidang paripurna terakhir tersebut.

Delegasi yang menghadiri sidang umum forum parlemen negara-negara ASEAN tersebut kompak menyampaikan ‘setuju’.

Mendengar jawaban tersebut, Puan langsung mengetuk palu tanda disahkan resolusi dari YPA yang akan diadopsi untuk kepentingan kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, Ketua YPA Dyah Roro Esti Widya dalam laporannya menyampaikan komisi anggota parlemen muda AIPA menghasilkan dua resolusi.

Pertemuan Anggota Parlemen Muda AIPA mengakui posisi dan peran krusial anggota parlemen muda dalam mengatasi tantangan kontemporer, memperkuat pemerintahan demokratis, dan mengelola untuk berkembang di dunia yang bergejolak, tidak pasti, kompleks, dan ambigu (VUCA).

“Kami mencatat bahwa kelompok usia di bawah 45 tahun lebih dari setengah populasi ASEAN, tetapi hanya diwakili oleh sebagian kecil anggota parlemen regional,” ungkap Dyah Roro Esti Widya.

Dalam hal ini, pertemuan tersebut merekomendasikan Parlemen Anggota AIPA untuk mendorong peningkatan perwakilan anggota parlemen muda di semua Komite Parlemen dalam 10 tahun ke depan.

Sejumlah resolusi dihasilkan dan disahkan ketua DPR Puan Maharani dalam Sidang Umum ke-44 AIPA yang berlangsung di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News