SIG Punya Alat Canggih Pemantauan Keselamatan & Kesehatan Kerja Tambang di Pabrik Tuban

SIG Punya Alat Canggih Pemantauan Keselamatan & Kesehatan Kerja Tambang di Pabrik Tuban
SIG menciptakan inovasi sistem pemantauan tambang yang telah diterapkan di Pabrik Tuban berbasis teknologi digital (Quarry Mining Command Center [QMCC]). Foto dok SIG

jpnn.com, TUBAN - SIG yang terus berupaya untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja para pekerja tambang di wilayah operasional perusahaan.

Teranyar, SIG menciptakan inovasi sistem pemantauan tambang yang telah diterapkan di Pabrik Tuban berbasis teknologi digital (Quarry Mining Command Center [QMCC]).

Inovasi digital ini, memungkinkan aktivitas pertambangan bisa dilakukan pemantauan secara online dan real time selama 24 jam.

QMCC bekerja dengan menggunakan aplikasi monitoring secara terintegrasi seperti pelacak GPS yang dipasang pada alat berat, fatigue sensor dan camera yang dipasang dalam kabin pada kendaraan operasional tambang yang berfungsi mendeteksi tingkat kelelahan operator dengan mengukur aktivitas gerakan mata, detak jantung, dan tingkat stres.

Seluruh informasi yang bersumber dari aplikasi pengawasan tersebut ditampilkan pada layar pusat kontrol dan dipantau oleh petugas yang bertindak sebagai komando operasional.

Dengan begitu, potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi dan tindakan tidak aman bisa diantisipasi sejak dini.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, pengawasan operasional tambang secara langsung pada area penambangan yang luas membutuhkan banyak koordinasi dan waktu, sehingga memiliki kelemahan tidak semua area bisa diawasi secara optimal.

Namun, penerapan QMCC ini telah membantu optimalisasi aktivitas pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien.

SIG menciptakan inovasi sistem pemantauan tambang yang telah diterapkan di Pabrik Tuban berbasis teknologi digital (Quarry Mining Command Center [QMCC]).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News