SIG Tanam 503.466 Pohon di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

SIG Tanam 503.466 Pohon di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban
PT Semen Indonesia (SIG) memulihkan lahan pascatambang dengan menanam sejumlah pohon. Foto dok SIG

jpnn.com, TUBAN - PT Semen Indonesia (SIG) memulihkan lahan pascatambang dengan menanam sejumlah pohon.

Di Pabrik Tuban, Jawa Timur misalnya, hingga 2023, SIG telah melakukan reklamasi seluas 238,64 hektare dengan penanaman 503.466 pohon (revegetasi).

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, revegetasi lahan pascatambang merupakan upaya SIG dalam memulihkan fungsi lahan dan meningkatkan kemanfaatannya secara berkelanjutan.

Selain itu, upaya ini juga ditujukan untuk melindungi keanekaragaman hayati di area sekitar Pabrik Tuban.

Saat ini terdapat lebih dari 10 jenis pohon yang telah ditanam di lahan pascatambang SIG Pabrik Tuban, di antaranya pohon jati, klampis, trembesi, johar, flamboyan, kayu putih, mahoni, sengon buto, jeruk, nyamplung, beringin, hingga sawo kecik.

”Pemilihan jenis pohon yang ditanam di lahan pascatambang SIG Pabrik Tuban juga dilakukan berdasarkan kemanfaatannya, seperti pohon trembesi, mahoni, beringin dan jati yang memiliki kemampuan menyerap emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang baik,” ujar Vita Mahreyni.

Di lahan pascatambang tersebut, SIG Pabrik Tuban juga memiliki arboretum Bukit Daun yang menyimpan koleksi sejumlah tanaman langka.

Bahkan, kawasan yang menjadi sarana wisata edukasi dan fasilitas riset dan penelitian ini, juga menjadi habitat bagi keragaman avifauna, seperti prenjak padi, terkukur, cucak kutilang, cipoh kacat dan takur ungkut-ungkut.

Pemilihan jenis pohon yang ditanam di lahan pascatambang SIG Pabrik Tuban juga dilakukan berdasarkan kemanfaatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News