Sikap Amien ke Jokowi Amat Keras, PAN Tetap Tunggu Rakernas

Sikap Amien ke Jokowi Amat Keras, PAN Tetap Tunggu Rakernas
Hanafi Rais. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais menyatakan, partainya belum memutuskan mendukung Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Menurutnya, PAN akan memutuskan dukungan ke calon presiden (capres) melalui rapat kerja nasional (rakernas).

Hanafi mengatakan, jika ada individu di PAN yang mendukung figur bakal capres tertentu maka hal itu merupakan sikap pribadi. Sebab, partai pimpinan Zulkifli Hasan itu tidak bisa membatasi hak asasi dan politik seseorang.

“Tapi, kalau sikap resmi di partai itu akan disampaikan dalam rakernas,” ujar Hanafi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/4).

Putra pendiri PAN Amien Rais itu menambahkan, kecenderungan partainya terhadap figur bakal capres bisa diketahui melalui survei internal yang melibatkan pengurus, kader dan simpatisan. Dari survei itu juga akan diketahui kubu mana yang cocok sebagai mitra koalisi PAN.

“Jadi, untuk condong ke mana saya tidak bisa katakan A dan B, nanti itu sifatnya sangat subjektif. Tapi, secara internal kami mengadakan survei akan mengarah ke siapa dan koalisi dengan siapa,” ungkapnya.        

Bagaimana dengan kecenderungan Amien Rais? Hanafi menutuskan, ayahnya selama ini sudah terbuka mengkritik Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, sikap Amien bukan didasari ketidaksukaan terhadap Jokowi, melainkan justru karena kecintaanya kepada Indonesia.

Meski demikian, sikap politik PAN tetap akan diputuskan melalui rakernas. Hanafi menegaskan partainya tetap solid.

Hanafi Rais menyatakan, Partai Amanat Nasional (PAN) akan memutuskan dukungan untuk calon presiden dan calon wakil presiden melalui rapat kerja nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News