Siklon Tropis Cempaka Hingga 2-3 Hari ke Depan, Waspada!

Siklon Tropis Cempaka Hingga 2-3 Hari ke Depan, Waspada!
Ilustrasi Foto: Gusti Ambry/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG (Tropical Center Warning Center/TCWC) berhasil mendeteksi siklon tropis Cempaka tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa.

Adanya Siklon Tropis Cempaka di wilayah perairan sebelah Selatan Jawa Tengah itu, kata Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko, mengakibatkan perubahan pola cuaca di sekitar lintasannya.

Dampak yang ditimbulkan adanya siklon tropis Cempaka berupa potensi hujan lebat di beberapa wilayah.

”Seperti di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur,” kata Hary kepada Jawa Pos kemarin (28/11).

Dia menambahkan, potensi angin kencang hingga 30 knot juga diperkirakan akan terjadi di wilayah Kep. Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Laut Jawa, Selat Sunda bagian utara, perairan utara Jawa Timur hingga Kepulauan Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan, dan perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba.

Potensi gelombang tinggi 2,5-6 meter juga menyasar beberapa daerah. Seperti perairan selatan Jawa Timur, Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah.

Menurut Hary, siklon tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari ke depan. Karena itu juga, masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan.

”Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin. Terutama aktifitas penerbangan di beberapa bandara di Pulau Jawa juga berpotensi terpengaruh akibat hujan dan angin kencang,” ungkap dia.

Siklon tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari ke depan. Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News