Gempa 5,3 SR Guncang Nias Utara

Gempa 5,3 SR Guncang Nias Utara
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, NIAS - Gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang Nias Utara, Sumut, pada pukul 06:41 WIB, Selasa (21/11).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa di laut pada kedalaman 15 kilometer di 52 kilometer di barat laut Nias Utara.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran tertulisnya menjelaskan gempa ini tidak berdampak tsunami.

“Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Kabupaten Nias Utara. Gempa dirasakan lemah selama tiga hingga empat detik di Kabupaten Nias Utara. Gempa dirasakan lemah selama satu hingga dua detik di Kabupaten Nias Barat dan gempa tidak dirasakan di Kota Gunung Sitoli. Aktivitas masyarakat normal. Tidak ada kerusakan dari dampak gempa ini,” jelasnya.

Sutopo memaparkan hampir setiap hari wilayah Indonesia diguncang gempabumi. Bahkan gempa hebat terjadi di laut pada kedalaman 10 kilometer di 37 kilometer barat laut Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (18/11/2017) pukul 23:07 WIB dengan 5,7 SR.

Gempa ini ternyata memberikan dampak korban jiwa dan kerusakan bangunan. BMKG telah melaporkan bahwa terus terjadi gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil.

BPBD Pulau Morotai telah melaporkan dampak gempa kepada Posko BNPB. Saat terjadi gempa, dirasakan kuat di wilayah Pulau Morotai selama 3-5 detik. Saat bersamaan, gempa mengakibatkan lampu padam dan warga panik berhamburan keluar rumah. Gempa ini juga dirasakan kuat di wilayah Halmahera Utara selama 3-5 detik dan warga panik berhamburan keluar rumah.

Dampak gempa merusak bangunan di 5 desa yaitu Desa Posi-Posi, Desa Leo-Leo Rao, Desa Aru Burung, Deaa Lou Madoro, Desa Saminya Mao dan Desa Waya Bula di Kecamatan Morotai Selatan Barat Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa di laut pada kedalaman 15 kilometer di 52 kilometer di barat laut Nias Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News