JPNN.com

Silakan Ucapkan Selamat Tinggal pada 200 Ponsel yang Dibuang ke Akuarium

Rabu, 20 Februari 2019 – 14:29 WIB Silakan Ucapkan Selamat Tinggal pada 200 Ponsel yang Dibuang ke Akuarium - JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Banyuwangi, Jatim memusnahkan 200 ponsel hasil razia selama 2018. Cara pemusnahannya unik.

Setelah dirusak dengan menggunakan palu, ratusan ponsel tersebut dimasukkan ke akuarium berisi air garam.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Yusuf Purwadi mengatakan, 200 ponsel yang dimusnahkan itu merupakan barang sitaan.

''Diperoleh petugas dari razia blok kamar tahanan maupun narapidana selama 2018,'' ujar Yusuf.

Pemusnahan ponsel dengan cara dihancurkan, kemudian dimasukkan ke akuarium berisi air garam itu sempat menjadi tontonan sejumlah pengunjung lapas.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan pihak lapas. ''Agar pengunjung yang sedang besuk ke lapas tahu dampak dari menyelundupkan ponsel,'' kata Yusuf.

Meski telah rutin memeriksa blok kamar tahanan dan napi, petugas masih saja mendapati barang terlarang itu masuk ke lapas.

Karena itu, Yusuf dan anak buahnya terus meningkatkan pengawasan terhadap tahanan, napi, maupun pembesuk.

Salah satu bentuk peningkatan pengawasan yang sudah dilakukan ialah memeriksa setiap pengunjung. Cara tersebut dilakukan dengan penggeledahan maupun pemeriksaan lewat X-ray.

Napi yang ketahuan membawa barang yang dilarang bakal dikenakan sanksi. Napi yang kedapatan membawa ponsel akan langsung diberi sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. (ddy/als/c4/gun/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...