Simak Baik-Baik, Ini Pernyataan Lengkap Pak Jokowi tentang Wabah Virus Corona

Simak Baik-Baik, Ini Pernyataan Lengkap Pak Jokowi tentang Wabah Virus Corona
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo kembali menggelar jumpa pers untuk menyampaikan perkembangan penanganan wabah virus corona alias covid-19 di Indonesia.

Jumpa pers ini dilakukan presiden di Istana Bogor pada Minggu 15 Maret 2020. Berikut ini adalah pidato lengkap Presiden Jokowi.

1. Sejak mengumumkan adanya kasus Covid19 di awal bulan ini, saya telah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra dalam menangani pandemik global Covid19 ini.

2. Kita melihat, beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita, ada yang melakukan lockdown dengan segala konsekuensi yang menyertainya. Tetapi ada juga negara yang tidak melakukan lockdown, tetapi melakukan langkah dan kebijakan yang ketat untuk menghambat penyebaran Covid19.

3. Pemerintah terus berkomunikasi dengan WHO dan mempergunakan Protokol Kesehatan WHO, serta berkonsultasi dengan para ahli kesehatan masyarakat dalam menangani penyebaran Covid19 ini.

4. Pemerintah telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo. Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mensinergikan kekuatan nasional, baik di pusat maupun di daerah, melibatkan ASN, TNI dan POLRI, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi.

5. Sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid19 ini derajatnya bervariasi antardaerah. Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh gubernur dan bupati serta wali kota:

- Untuk terus memonitor kondisi daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah situasi;

Presiden Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia tetap tenang dan dan produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid19 alias virus corona ini bisa dicegah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News