JPNN.com

Simak, Ini Tahapan Gejala yang Dirasakan Pasien Covid-19

Minggu, 22 November 2020 – 20:16 WIB
Simak, Ini Tahapan Gejala yang Dirasakan Pasien Covid-19 - JPNN.com
Ilustrasi Covid-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Infeksi virus corona bisa menimbulkan gejala beragam. Sebagian besar penderita Covid-19 mengalami gejala yang bersifat ringan.

Bahkan, ada orang yang terinfeksi virus ini tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun, atau dikenal dengan sebutan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Gejala infeksi virus corona terbagi menjadi 3 kategori, yaitu ringan, sedang, dan berat. Tiap penderita infeksi virus corona dapat merasakan gejala yang berbeda-beda tergantung usia, daya tahan tubuh, dan kondisi kesehatannya secara menyeluruh.

Gejala Covid-19 umumnya muncul mulai dari 2-14 hari usai dinyatakan tertular Covid-19. Namun, waktu pulih dari masing-masing pasien corona bisa sangat berbeda.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi masa pemulihan pasien Covid-19 seperti usia, jenis kelamin, riwayat penyakit atau kondisi kesehatan sebelumnya. Selain itu, gejala berat, ringan, hingga sedang juga jadi salah satu faktor.

Berikut ini penjelasannya:
 
Pasien Covid-19 bergejala ringan

Gejala Covid-19 ringan meliputi batuk, demam, dan kelelahan. Adapula beberapa di antara pasien Covid-19 yang mengalami diare, nyeri tenggorokan dan hidung tersumbat.

Umumnya, pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan tersebut rata-rata sembuh dalam rentang waktu dua pekan, demikian sebut WHO dalam analisis yang dilakukan pada pasien Covid-19 di China.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia