Simak Pernyataan Bu Wali Kota Cantik soal Pandemi Covid-19

Simak Pernyataan Bu Wali Kota Cantik soal Pandemi Covid-19
Airin Rachmi Diany. Foto: Radar Banten

jpnn.com, TANGSEL - Pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal, akibat dari dampak pandemi Covid-19 yang sangat besar.

Demikian disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany, Senin (18/5).

Menurut Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini, pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan semua.

Pandemi ini mengubah cara masyarakat beraktivitas sehari-hari, cara berinteraksi, cara beribadah, cara bekerja dan lain-lain. Perubahan dalam berbagai aspek ini, tidak akan hilang begitu saja. Bahkan ketika pandemi ini berakhir.

“Terlebih saat ini, kita masih belum memastikan kapan wabah covid-19 benar-benar akan berakhir. Karena di beberapa negara, ditemukan fenomena wabah gelombang kedua atau second wave dan adanya mutasi virus covid-19 dengan strain yang baru,” tutur Airin.

Melihat fenomena ini, pemerintah daerah harus siap menghadapi adanya new normal ini. Pemda harus mampu menyesuaikan diri, atau dengan kata lain pemda harus adaptif.

Sebagai contoh, harus mampu memanfaatkan teknologi dengan lebih maksimal agar cara bekerja menjadi lebih efisien, efektif dan kita mampu melayani masyarakat dengan lebih baik.

Pemda juga harus menjadi lebih inovatif dalam rangka mencari sumber pembiayaan program pembangunan tanpa harus memberatkan masyarakat, karena kita melihat pandemi ini memiliki dampak juga terhadap keuangan daerah.

Pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal, akibat dari dampak pandemi Covid-19 yang sangat besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News