Simak Sikap GP Ansor Terhadap LGBT

Simak Sikap GP Ansor Terhadap LGBT
Yaqut Cholil Qoumas. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Polemik lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di tengah masyarakat Indonesia kian ramai. Banyak pihak yang menentang keras.

Menyikapi maraknya pemberitaan LGBT saat ini, Gerakan Pemuda Ansor ikut bersikap. Organisasi kepemudaan di bawah Nahdlatul Ulama itu mengatakan, bahwa yang dihukum haram berdasarkan Islam adalah hubungan seks (liwath) sesama jenis. Namun demikian, GP Ansor menghormati martabat (pelaku) LGBT sebagai manusia. 

Dalam pandangan GP Ansor, perkawinan sejenis betapa pun juga tidak sah menurut Islam dan tidak ada jalan untuk menghalalkan (perbuatan) hubungan seks sesama jenis. 

"Sebagai agama, Islam punya posisi sendiri soal ini dan tidak bisa dipaksa mengganti posisi moral itu demi menuruti kehendak pihak lain, sebagaimana kami tidak bisa memaksa pihak lain mengikuti posisi moral Islam," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Namun sikap GP Ansor terhadap LGBT adalah menghormatinya sebagai manusia seutuhnya, tidak boleh main hakim sendiri.

"GP Ansor dan umat Islam berhak mendakwahkan penentangan terhadap perbuatan hubungan seks sesama jenis (liwath) dan mengartikulasikan aspirasi menolak UU/peraturan yang mengesahkan perkawinan sesama jenis, sebagaimana kelompok mana pun berhak mengekspresikan pandangan dan mengartikulasikan kepentingan masing-masing," pungkas Yaqut. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News