Simak, Strategi Wamenkes Dalam Menangani Pandemi Covid-19

Simak, Strategi Wamenkes Dalam Menangani Pandemi Covid-19
Para pembicara saat dialog virtual bertema "Ibu Pertiwi di Sewarsa Pandemi," yang dilaksanakan oleh KPCPEN FMB9 pada Selasa (2/3). Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menegaskan kunci keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 adalah kerja sama antara masyarakat dan  pemerintah untuk melakukan berbagai upaya terbaik demi kebaikan bersama.

Hal tersebut disampaikan Wamenkes dalam dialog virtual bertema "Ibu Pertiwi di Sewarsa Pandemi," yang dilaksanakan oleh KPCPEN FMB9 pada Selasa (2/3) siang.

Lebih lanjut Dante menjelaskan peran masyarakat dalam penanggulangan pandemi Covid19 adalah 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker). Sementara peran serta pemerintah adalah disiplin 3T (testing, tracing, treatment).

Jembatan antara peran serta masyarakat dan komitmen pemerintah itulah yang sekarang mulai dilaksanakan secara masif, yaitu vaksinasi.

“Namun vaksinasi bukan game changer. Itu sebab tracing dan testing harus diperbanyak dan masyarakat harus berperan serta," kata Dante.

Pada kesempatan yang sama, salah satu penyintas Covid19 yang merupakan kluster keluarga, Anang Hermansyah mengaku sebagai warga negara menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk mengindari penyebaran Covid19 di lingkungannya.

Namun, menurut mantan Anggota DPR RI itu, kesulitan dirasakan ketika dirinya dan keluarga harus memastikan bahwa seluruh anggota keluarganya bebas virus corona.

"Kenapa enggak bisa PCR Swab semua? Karena biayanya tinggi. Makanya harapan saya dari bagian masyarakat, kita sudah punya teknologi yang bagus GeNose kenapa enggak disertakan," ungkapnya seraya bertanya kepada Wakil Menteri Kesehatan.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menyampaikan strategi dalam penanganan pandemi Covid-19, simak kalimatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News