Simeone Merasa Setara Dino Zoff

Simeone Merasa Setara Dino Zoff
Simeone Merasa Setara Dino Zoff
MADRID — Diego Simeone menunjukkan tuahnya di tahun pertama menukangi Atletico Madrid. Mantan pemain timnas Argentina itu mampu membawa timnya keluar sebagai jawara UEFA Europa League atau yang dulu dikenal sebagai UEFA Cup. Gelar tersebut diraih setelah mengkandaskan tim Spanyol lainnya, Athletic Bilbao dalam partai final yang berlangsung di Arena Nationala, Bukares, Rumania, Kamis (10/5) dini hari tadi.

Namun lebih dari itu Simeone menorehkan sejumlah catatan manis saat mengantarkan tim ibukota Espana itu menjadi jauara liga kasta kedua Eropa. Mantan pemain SS Lazio tersebut kini mencatatkan diri sebagai pelatih ketiga yang berhasil memenangkan UEFA Cup sebagai pemain dan pelatih. Simeone sebelumnya meraih trofi UEFA Cup saat membantu Inter Milan mengalahkan SS Lazio pada final 1998.

Situs resmi UEFA menyebut dua pelatih sebelumnya yang menorehkan rekor ini adalah  Dino Zoff  dan Huub Stevens.  Dino Zoff mengangkat trofi yang terbuat dari perak tersebut  saat menjadi kiper Juventus 1977 silam. Kemudian trofi yang sama diraih  saat membawa Juventus meraih gelar di tahun 1990.

Sementara Stevens, yang berposisi sebagai defender membawa PSV Eindhoven memenangkan trofi usai mengalahkan SC Bastia tahun 1978. Sementara sebagai pelatih ia membawa klub Jerman, FC Schalke 04 memenagkan partai final melawan  Inter Milan tahun 1997. Selain raihan ini, Simeone  mencatatkan diri sebagai pelatih luar Eropa ke empat yang memenangkan UEFA Cup tiga pendahulunya asal Argentina Luis Carniglia, Helenio Herrera dan Alfredo Di Stéfano.

MADRID — Diego Simeone menunjukkan tuahnya di tahun pertama menukangi Atletico Madrid. Mantan pemain timnas Argentina itu mampu membawa timnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News