Simulasi 3 Nama SMRC: Ganjar di Posisi Pertama, Kalahkan Prabowo dan Anies

Simulasi 3 Nama SMRC: Ganjar di Posisi Pertama, Kalahkan Prabowo dan Anies
Ilustrasi bakal capres Pilpres 2024 (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas para bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Dalam simulasi tertutup tiga nama, bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Pendiri SMRC Saiful Mujani menuturkan hasil survei ini didapat dari pertanyaan kepada responden tentang siapa presiden yang akan dipilih jika pilpres berlangsung sekarang.

Ganjar mendapat dukungan 35,9 persen, sementara Prabowo 33,6 persen, dan Anies 20,4 persen. Lalu yang tidak tahu atau tidak menjawab 10,1 persen,” kata Saiful saat merilisnya hasil surveinya dalam kanal YouTube SMRC TV, Rabu (23/8).

Menurut Saiful, dalam dua tahun terakhir, dari Mei 2021 ke Agustus 2023, dukungan kepada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 35,9 persen.

Sementara Prabowo stagnan dari 34,1 persen menjadi 33,6 persen, dan Anies cenderung turun dari 23,5 persen menjadi 20,4 persen.

Dalam simulasi ini, SMRC juga menanyakan kepada responden tentang seberapa kemungkinan mengubah pilihan tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini kemudian dikelompokkan sebagai pemilih kuat yang kecil kemungkinan mengubah pilihan.

Dari ketiga nama, proporsi pemilih kuat pada Ganjar tercatat paling tinggi yakni sebesar 69 persen. Lalu Prabowo mengekor di belakangnya dengan 67 persen dan Anies 64 persen.

Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi tiga nama yang dilakukan lembaga survei SMRC. Ganjar unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News