Sinabung Meletus Lagi, Sejumlah Desa Diguyur Hujan Abu

Sinabung Meletus Lagi, Sejumlah Desa Diguyur Hujan Abu
Gunung Sinabung meletus lagi, Minggu (3/1). Foto: Ilustrasi/Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus Sabtu (3/1) pukul 8.33-9.19 WIB. Kali ini letusan ini mencapai tinggi kolom tiga kilometer yang disertai awan panas empat kilometer ke selatan.

"Letusan pagi ini lebih besar dari biasanya yang hampir setiap hari meletus," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (3/1).

Kendati demikian, warga sekitar Sinabung tetap tenang. Tidak ada penambahan pengungsi akibat letusan kali ini. "Warga sudah terbiasa dengan letusan sejak September 2013 yang berlangsung hingga saat ini," katanya.

Berdasarkan laporan PVMBG, pada siang tadi tercatat 24 kali awan panas guguran dari puncak ke arah selatan sejauh 2-4 km dan tinggi abu 500-3.000 meter. Terjadi 56 kali guguran dan tremor menerus. Status tetap Siaga. Hujan abu terjadi di desa Payung, Tiganderket, Selandi, Juhar, dan Laubaleng yang cukup jauh jaraknya karena terbawa angin.

Sampai saat ini tercatat sebanyak 2.443 jiwa (795 KK) jiwa mengungsi di tujuh titik pengungsian.

"Semua kebutuhan pengungsi tercukupi," ungkapnya.

Petugas dari BPBD dan TNI melakukan patroli sepanjang jalur sungai Lau Borus untuk antisipasi ancaman banjir lahar dingin. (boy/jpnn)


JAKARTA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus Sabtu (3/1) pukul 8.33-9.19 WIB. Kali ini letusan ini mencapai tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News