Sindikat Narkoba Internasional Dibongkar

Sindikat Narkoba Internasional Dibongkar
Sindikat Narkoba Internasional Dibongkar

jpnn.com - JAKARTA - Badan Narkotika Nasional membongkar sindikat narkoba jaringan internasional. Lima pelaku Sofian Yusup (SY), Ilham Firmansyah (IF), Hani Haryani Wijaya (HHW), Dian Farida Susanti alias Ayu (DFS), dan Avid Schot berhasil diamankan.

Adapun barang bukti yang disita yakni narkoba jenis sabu-sabu seberat 3.122,3 gram. Deputi Pemberantasan BNN Brigadir Jenderal  Deddy Fauzi L Hakim menjelaskan, awalnya kasus ini terungkap pembongkaran sindikat ini bermula dari penangkapan Sofian Yusuf, di Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu (15/12) oleh Petugas Bea Cukai dan BNN.

Menurut dia, Sofian diminta oleh Ilham dan Hani mengambil koper berisi permata di India. Namun, belakangan koper itu berisi sabu seberat 3.122,2 gram.

"Melalui X-ray detektor petugas menemukan sabu dalam koper yang dibawa SY saat tiba di Bali seberat 3.122,2 gram. SY kepada petugas mengaku diperintah seseorang bernama IF," kata Deddy di Gedung BNN, Jakarta, Kamis (19/12).

Deddy mengatakan bahwa Sofian mengenal Ilham pada November lalu di rumahh Ilham, di Cileunyi, Jawa Barat. Lantas, Sofian diperkenalkan Ilham kepada bibinya, Hani. Disitu, Sofian diberikan pekerjaan untuk mengambil barang laknat itu di India dengan imbalan Rp 5 juta. Akomodasi dan transportasi Sofian juga ditanggung oleh Ilham dan Hani.

Lantas, kata Deddy, Sofian berangkat ke India 9 Desember 2013 dengan bekal USD 200. Pada 14 Desember 2013, Sofian diminta pulang membawa koper yang awalnya diketahui yang bersangkutan berisi permata.

"Koper itu diambilnya dari seorang pria tak dikenal di Bandara New Delhi, India kemudian dibawa ke Indonesia," kata Deddy.

Naas bagi Sofian. Setiba di Bali, ia ditangkap petugas. Kemudian, Sofian diajak untuk bertemu Ilham dan Hani dengan membawa koper. Akhirnya, mereka bertemu di dekat pintu tol Cileunyi dan dicokok petugas. Dari Ilham dan Hani, diketahui petugas bahwa koper itu akan diserahkan kepada seorang wanita yakni Dian Farida Susanti di Jakarta.

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional membongkar sindikat narkoba jaringan internasional. Lima pelaku Sofian Yusup (SY), Ilham Firmansyah (IF), Hani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News