Sinergi BUMN Dongkrak Kinerja UMKM

Sinergi BUMN Dongkrak Kinerja UMKM
Ilustrasi UMKM. Foto: Radar Kudus/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto mengatakan, program Rumah Kreatif BUMN (RKB) menggunakan pendekatan inkubator.

Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan BUMN-BUMN bisa mengikuti kegiatan pendampingan, mulai peningkatan kualitas produk, pengemasan, hingga penjualan.

”Konsep RKB cukup efektif karena bisa menjangkau pelaku usaha UMKM dalam jumlah banyak. Karena tidak hanya UMKM binaan Bank Mandiri, tapi juga BUMN lain,” kata Sulaiman di sela IBD Expo 2018, Kamis (4/10).

Dalam program itu, khusus penjualan didorong melalui laman e-commerce belanja.com milik PT Telkom Tbk.

Sebab, penjualan secara online bisa membuka pemasaran yang lebih luas. ”Harapannya, bisa menjangkau pembeli potensial dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara,” papar Sulaiman.

Di RKB Bank Mandiri, saat ini terdapat 11.071 UMKM binaan.

”Kami datangkan tiga pelaku UMKM unggulan. Mereka mitra binaan RKB asal Surabaya yang telah memberikan dampak signifikan kepada masyarakat sekitar,” lanjut Sulaiman.

Di IBD Expo, Bank Mandiri juga menampilkan produk perbankan perseroan. Misalnya, kartu prabayar e-money, Mandiri Online, dan kartu kredit.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto mengatakan, program Rumah Kreatif BUMN (RKB) menggunakan pendekatan inkubator.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News