Sinergi Pusat Daerah Dibahas Dalam Retreat Bogor

Sinergi Pusat Daerah Dibahas Dalam Retreat Bogor
Sinergi Pusat Daerah Dibahas Dalam Retreat Bogor
JAKARTA - Sinergi pemerintah pusat dan daerah, terutama dalam penyusunan APBD, akan dibahas dalam retreat ke-3 di Istana Bogor, 5-6 Agustus mendatang. Pertemuan itu dihadiri oleh presiden, Wapres, beserta jajaran kabinet beserta para gubernur dan ketua-ketua DPRD provinsi. Retreat diharapkan bisa mengurai masalah koordinasi antara pusat dan daerah.

"Selama ini banyak keluhan mengenai sinergi pusat dan daerah. Retreat ini salah satu jawaban bagaimana menyinergikan pusat dan daerah," kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin. Rapat membahas materi retreat tersebut dipimpin Wapres Boediono dan dihadiri sejumlah menteri.

Yopie mengatakan, dengan koordinasi tersebut, diharapkan ada keterkaitan antara program di pusat dan daerah. "Kalau enggak gitu nanti enggak nyambung," katanya.

Para gubernur akan dijelaskan mengenai postur APBN secara umum. Juga, akan dipaparkan mengenai postur APBD yang sehat. "Di sini diceritakan bagaimana transfer (anggaran) ke daerah itu, dan juga persoalan sinergi dalam penyusunan APBD," kata mantan pemimpin redaksi Kontan tersebut.

JAKARTA - Sinergi pemerintah pusat dan daerah, terutama dalam penyusunan APBD, akan dibahas dalam retreat ke-3 di Istana Bogor, 5-6 Agustus mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News