Singkirkan Denmark, Jepang Catat Final Kedua Piala Thomas

Singkirkan Denmark, Jepang Catat Final Kedua Piala Thomas
Kanta Tsuneyama. Foto: bwf

jpnn.com, BANGKOK - Finalis Piala Thomas 2016, Indonesia dan Denmark tersingkir di semifinal edisi 2018. Indonesia keok dari Tiongkok 1-3. Sementara juara bertahan, Denmark, kalah dramatis 2-3 dari Jepang.

Singkirkan Denmark, Jepang Catat Final Kedua Piala Thomas
bwf

Dalam pertandingan di Impact Arena, Bangkok, Jumat (25/5) hingga Sabtu (26/5) dini hari, Jepang memenangi duel sengit dengan Denmark. Adalah tunggal ketiga, Kanta Tsuneyama yang menentukan kemenangan tim putra Negeri Matahari Terbit.

Pemain berusia 21 tahun secara mengejutkan membalikkan prediksi pengamat yang menyebutnya akan kalah dari mantan pemain nomor satu dunia Jan O Jorgensen.

Kanta menang 21-18, 21-11, dalam durasi pertandingan 47 menit (statistik BWF). "Sebagai pemain Jepang terakhir, saya hanya bertekad untuk memberikan segalanya kepada tim, negara. Saya senang bisa mencetak poin dan melihat rekan satu tim saya tersenyum gembira," tutur Kanta di laman resmi Thomas and Uber Cup Finals.

Bahkan pelatih Jepang, Park Joo Bong mengaku penampilan Kanta melebih harapan tim pelatih. Sebelumnya, di empat match sebelumnya, Jepang unggul di partai pertama, imbang di partai kedua, lalu memimpin lagi di partai ketiga dan kehilangan poin di partai keempat.

"Ini (kemenangan Kanta) adalah kejutan. Kami tidak menyangka tunggal ketiga menang. Kami pikir akan bisa mengalahkan Denmark di ganda kedua (partai keempat), tapi itu tidak terjadi," kata Park.

"Kami pasrah (partai kelima). Sebab, itu sangat sulit. Namun, dia (Kanta) tampil sangat baik. Kami pikir sekarang (lolos ke final) punya posisi yang baik menantang Tiongkok," tutur Park.

Jepang menyusul Tiongkok lolos ke final Piala Thomas 2018. Jepang menyingkirkan Denmark dengan skor 3-2, sementara Tiongkok menang 3-1 dari Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News