Sip, Hasil Survei Anggap Jokowi Tunaikan Mayoritas Nawacita

Sip, Hasil Survei Anggap Jokowi Tunaikan Mayoritas Nawacita
Osmar Tanjung. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Kajian Pengembangan (PKP) Berdikari menggelar survei tentang persepsi masyarakat atas implementasi sembilan poin dalam Nawacita. Berdasar jajak pendapat sejak Juli hingga 22 September 2018 itu terungkap bahwa mayoritas responden mendukung pelaksanaan Nawacita yang disuarakan pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi - JK).

Sekretaris Dewan Eksekutif PKP Berdikari Osmar Tanjung mengatakan, survei itu menjangkau 593 responden di 30 provinsi. Para responden terdiri dari kalangan pimpinan ormas/LSM, nelayan, buruh, petani, pelaku usaha menengah, akademisi, jurnalis dan pegawai swasta.

“Hasil survei menyatakan 67,4 persen responden setuju bahwa Pemerintahan Jokowi – JK telah berhasil melaksanakan program Nawacita,” ujar Osmar melalui siaran pers ke media, Selasa (25/9).

Seperti diketahui, ada sembilan butir dalam Nawacita. Untuk mudahnya, PKP Berdikari menyusun program indikatif yang didasarkan pada butir-butur Nawacita.

Pertama adalah menjaga dan mengolah sumber daya alam khususnya di laut untuk kepentingan negara. Kedua, menerapkan pemberantasan korupsi di kalangan ASN.

Ketiga, mendorong partisipasi masyarakat desa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa. Keempat, melakukan pemberantasan mafia peradilan.

Sedangkan poin kelima adalah menyediakan lapangan kerja yang cukup. Keenam, membuka isolasi daerah tertinggal.

Ketujuh, membangun infrastruktur kelistrikan secara merata, khususnya di daerah-daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Kedelapan, menerapkan kurikulum pendidikan di sekolah yangmengintegrasikan nilai kebangsaan, budi pekerti dan toleransi.

Survei Pusat Kajian Pengembangan (PKP) Berdikari menunjukkan mayoritas responden menganggap pemerintahan Jokowi-JK sudah melaksanakan sebagaian besar Nawacita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News