Sir Alex Blak-blakan tentang Keruntuhan Setan Merah

Sir Alex Blak-blakan tentang Keruntuhan Setan Merah
Sir Alex Ferguson. Foto: AFP

jpnn.com - MANTAN Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson blak-blakan menyampaikan pendapatnya dalam buku baru berjudul Leading.

Berbeda dengan buku sebelumnya yang ditulisnya sendiri, kali ini penulisnya adalah Michael Moritz. Dalam buku itu, Sir Alex menjabarkan alasan keruntuhan Setan Merah, julukan United, sesaat setelah dia memutuskan pensiun.

Pemilihan David Moyes dianggap sebagai salah satu kesalahan. Yang terparah, dia menilai Moyes telah mengubah sistem yang dibangunnya. "Tidak ada gunanya tiba-tiba mengubah rutinitas yang para pemain sudah merasa nyaman," kata Sir Alex.

"Ini kontraproduktif, menurunkan moral, dan memprovokasi pemain untuk menanyakan motif orang baru. Pemimpin yang datang di tempat baru, atau mewarisi peran besar, butuh batasan untuk menahan keinginan menampilkan kejantanannya," katanya dalam buku itu.

Kesalahan terbesar yang dilakukan Moyes adalah dengan memecat asistennya dulu yakni, Mike Phelan dari jajaran staf pelatih United. Padahal, menurutnya Phelan lah yang bisa membantu Moyes beradaptasi. Peran Phelan bagi Sir Alex seperti Ryan Giggs yang membantu Louis van Gaal saat ini. "Akan ada cerita yang berbeda jika dia tak melakukan pemecatan itu," katanya.

Fans United tentu ingat dengan banner "The Chosen One" yang sempat dipajang di Old Trafford selama berbulan-bulan. The Chosen One merujuk pada Moyes yang dianggap sebagai orang yang terpilih sebagai pengganti Si Alex. Namun, siapa sangka, nyatanya Moyes bukanlah pilihan utama.

Sir Alex awalnya lebih memilih Pep Guadiola sebagai suksesor dirinya. "Kami sempat berbincang di New York pada 2012. Saya tak sempat menawarinya karena saya tak ada rencana pensiun," tutur pria asal Skotlandia tersebut.

"Setelah itu, saya meminta Pep untuk menelepon saya sebelum menerima tawaran dari klub lain. Tapi, dia tak melakukannya dan memilih bergabung dengan Bayern Munich pada Juli 2013," katanya.

MANTAN Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson blak-blakan menyampaikan pendapatnya dalam buku baru berjudul Leading. Berbeda dengan buku sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News