Sisi Low Profile Presiden Tiongkok Xi Jinping

Tanpa Ajudan, Makan di Kedai Bakpao Umum dan Ikut Antre

Sisi Low Profile Presiden Tiongkok Xi Jinping
Presiden Tiongkok, Xi Jinping saat antre bakpao bersama warga biasa di sebuah kedai di Qingfeng County. Foto: Sina Weibo

jpnn.com - Sejak resmi memangku jabatan presiden pada 14 Maret lalu, Xi Jinping membawa banyak perubahan bagi Tiongkok. Tidak hanya menerbitkan kebijakan dan aturan yang lebih humanis, pemimpin 60 tahun itu juga memberikan teladan lewat sikap low profile. Pengganti Hu Jintao tersebut tidak segan berbaur dan terjun langsung dalam masyarakat.

= = = = = = = = = = = = = =

KEDAI bakpao di salah satu sudut Qingfeng County itu mendadak menjadi buah bibir media, Minggu (29/12). Hal tersebut terjadi bukan karena rasa bakpaonya yang lezat atau varian rasanya yang beragam, tetapi karena kehadiran Xi.

Orang nomor satu Negeri Panda itu sengaja singgah di kedai yang cukup tenar di Kota Beijing tersebut. Tanpa pengawalan ketat, pria kelahiran 15 Juni 1953 itu bahkan rela antre memesan.

Dengan berbaris di belakang pembeli lain yang lebih dulu antre, Xi terlihat santai. Dia tampak menikmati proses panjang untuk mendapat bakpao favoritnya persis seperti pembeli lain. Tidak ada ajudan yang menghalau pembeli lain dengan galak demi menomorsatukan sang presiden. Akibatnya, sebagian besar pembeli tidak menyadari kehadiran Sekjen Partai Komunis Tiongkok tersebut di tengah mereka.

Begitu tiba gilirannya, Xi pun langsung memesan makanan favoritnya di kedai tersebut. "Bakpao isi daging babi dan bawang, serta sayuran hijau dan jeroan goreng," katanya sebagaimana dilansir media. Setelah itu, Xi langsung membayar.

Beijing News melaporkan, alumnus Tsinghua University itu mengeluarkan uang 21 yuan (sekitar Rp 42 ribu) dari saku pribadi untuk membayar menu yang dipesan. Selanjutnya, seperti pembeli lain, Xi membawa sendiri pesanannya ke meja makan.

Saat itu para pengunjung kedai mulai menyadari kehadiran sang presiden. Para pembeli lain lantas sibuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera telepon genggam mereka. Bahkan, banyak yang kemudian meminta foto bareng. Tetapi, keributan itu sama sekali tidak membuat Xi terganggu.

Sejak resmi memangku jabatan presiden pada 14 Maret lalu, Xi Jinping membawa banyak perubahan bagi Tiongkok. Tidak hanya menerbitkan kebijakan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News