Sisi Positif Wasit Asing Ini Perlu Ditiru

Sisi Positif Wasit Asing Ini Perlu Ditiru
Shaun Robert Evans. Foto: source

jpnn.com, JAKARTA - Wasit asing asal Australia sudah mulai memimpin pertandingan di kompetisi Liga 1 2017 saat laga Persib Bandung kontra PS TNI Sabtu (5/8) lalu.

Meski sempat diprotes wasit lokal, performa mereka memberikan pelajaran kepada sepak bola Indonesia tentang pentingnya totalitas dalam memimpin laga.

Salah satu yang terlihat total dari wasit-wasit ini adalah adanya alat komunikasi yang dipakai seperti microphone dan earphone wireless. Sejatinya, alat sudah bias adigunakan dalam laga-laga internasional atau kompetisi di Eropa.

Tapi, untuk di kompetisi Indonesia, hal tersebut merupakan yang pertama kali. Yang membuat kagum adalah wasit-asit tersebut ternyata membawa sendiri alat itu dari negara asalnya.

Shaun Robert Evans, wasit tengah dalam laga tersebut menjelaskan bahwa alat komunikasi itu sengaja dibawa karena dan dua rekannya yang lain, berinisiatif membawa perlengkapan wasit modern tersebut.

"Kami semua sudah terbiasa menggunakan alat komunikasi ini pada level kompetisi internasional, Asia dan liga domestik," katanya kepada awak media di Bandung.

Selain Evans dua orang asisten yang lain adalah Wilson Kenneth Brown dan George Lankrindis. Mereka rencananya akan kembali ditugaskan di pekan ini.

Wasit asing ini setidaknya mengajarkan pentingnya memodernisasi perlengkapan untuk memimpin pertandingan. Namun, untuk Indonesia masih sulit karena kesadaran pengelola kompetisi ataupun PSSI rendah.

Wasit asing asal Australia sudah mulai memimpin pertandingan di kompetisi Liga 1 2017 saat laga Persib Bandung kontra PS TNI Sabtu (5/8) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News