Sistem Bikameral Indonesia Harus Berkaca dari Negara Besar

Sistem Bikameral Indonesia Harus Berkaca dari Negara Besar
Wakil Ketua DPD RI Mahyudin saat membuka FGD bersama Universitas Diponegoro bertema 'Perspektif Daerah Untuk Optimalisasi Peran DPD RI' di Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/9). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, SEMARANG - Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan Indonesia harus berkaca kepada banyak negara termasuk sejumlah negara besar dan mapan berdemokrasi dan sukses menerapkan parlemen bikameral, misalnya Inggris, Belanda, Jepang, Prancis, Spanyol, Italia dan lain-lain. Bahkan ada yang menerapkan bikameralisme murni (strong bicameral) seperti Aljazair.

Menurut Mahyudin, banyak negara besar yang demokratis menganut sistem bikameral sebagai suatu keniscayaan.

“Sistem bikameral dalam demokrasi merupakan suatu keniscayaan. Walaupun bentuknya berbeda dengan Indonesia,” ucap Mahyudin saat membuka FGD bersama Universitas Diponegoro bertema “Perspektif Daerah Untuk Optimalisasi Peran DPD RI" di Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/9).

Menurut Mahyudin, lahirnya DPD RI karena sebelumnya tidak adanya check and balances dalam praktik keparlemenan Indonesia.

Untuk itu, diperlukan sistem bikameral atau kamar kedua, yang mewakili perwakilan dari daerah.

"Kenapa demikian? Karena Indonesia negara besar dan mayoritas berpusat di Pulau Jawa. Negara ini didirikan untuk semua kalangan, bukan suatu kelompok atau perorangan. Maka lahirlah kamar kedua untuk menyuarakan aspirasi daerah yaitu DPD RI,” kata senator asal Kalimantan Timur itu.

Mahyudin mencontohkan selama ini Indonesia terlalu sentralistik yang bermuara pada Pulau Jawa. Jika melihat dari keterwakilan di Senayan, wilayah yang besar akan memiliki porsi yang besar juga.

“Selama ini jika dilihat dari Jawa Tengah untuk duduk di DPR RI membutuhkan 50 ribu suara. Tetapi DPD RI harus membutuhkan 1,4 juta suara. Artinya, masyarakat menaruh kepercayaan lebih kepada DPD RI,” terangnya.

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan Indonesia harus berkaca kepada banyak negara termasuk sejumlah negara besar dan mapan berdemokrasi dan sukses menerapkan parlemen bikameral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News