Sistem Ganjil Genap, Tol Jagorawi jadi Bidikan Selanjutnya

Sistem Ganjil Genap, Tol Jagorawi jadi Bidikan Selanjutnya
Kondisi ruas tol Jakarta-Cikampek. Foto GoBekasi

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan bakal menerapkan sistem ganjil genap di beberapa ruas tol lainnya selain Jakarta-Cikampek.

Hal ini akan diterapkan setelah melihat keberhasilan pemberlakuan tiga paket kebijakan untuk menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta - Cikampek.

Di mana tiga kebijakan tersebut dinilai cukup sukses dalam menurunkan tingkat kemacetan sebanyak 36 persen setelah seminggu dievaluasi.

“Pola yang kami lakukan sekarang ini selain nanti di kota lain, kami juga sedang akan memberlakukan di jalan-jalan menuju Jakarta seperti ruas Tol Jagorawi dan Tol Tangerang. Mungkin yang akan diberlakukan berikutnya adalah Tol Jagorawi. Tol Jagorawi kami akan lakukan paling dekat, paling lama lama dua minggu (diberlakukan),” tutur Budi.

Terkait pemberlakuan paket kebijakan yang sama di Tol Tangerang, Budi mengatakan masih perlu waktu untuk implementasi paket kebijakan ini. Untuk itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada stakeholder dalam hal ini Dewan Transportasi Kota Tangerang untuk menyampaikan pendapat guna mendukung implementasi kebijakan ini.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan pada 12 Maret 2018 telah mengimplementasikan Paket Kebijakan Penanganan Kemacetan di Tol Jakarta – Cikampek. Tiga kebijakan yang diimplementasikan yaitu pembatasan operasional angkutan barang golongan III, IV dan V.

Kemudian pemberlakuan sistem ganjil-genap pada kendaraan pribadi di pintu tol Bekasi arah Jakarta serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus, yang kesemuanya berlaku setiap Senin-Jumat pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Data evaluasi selama sepekan menunjukkan jumlah kendaraan angkutan barang golongan III, IV dan V yang beroperasi di Jalan Tol Jakarta- Cikampek arah Jakarta pada jam 06.00 – 09.00 WIB menunjukkan penurunan sebesar 61 persen dari 3.036 kendaraan menjadi 1187 kendaraan.

Hal ini akan diterapkan setelah melihat keberhasilan pemberlakuan 3 paket kebijakan untuk menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News