Sistem Ijon Ternyata Juga Ada di Pendidikan

Sistem Ijon Ternyata Juga Ada di Pendidikan
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - DEPOK - Indonesia Corruption Watch (ICW) menila, akar masalah korupsi pendidikan di Indonesia berasal dari perencanaan. Alhasil, banyak sekolah yang tidak menikmati fasilitas pendidikan lantaran kalah sebelum berperang.

"Korupsi di bidang pendidikan hulunya ada di perencanaan. Contohnya usulan pengadaan s‎pek barang. Spek ditentukan di pusat dan proyeknya diserahkan ke daerah. Namun pelaksanaan di daerah, sistem ijon sangat kuat. Daerah yang sudah mengijon duluan, itu yang dapat proyeknya," beber Peneliti ICW Ade Irawan, Senin (22/2).

Sistem ijon di bidang pendidikan, sambung Ade, sudah lama berlaku di daerah. Tidak heran, daerah yang semestinya dapat proyek pendidikan malah gagal karena kalah dengan pemenang ijon.

"Sistem ijon ini bisa memberikan komitmen fee sebesar tujuh sampai delapan persen. Dengan dasar itu, proyek akan turun. Parahnya lagi daerah yang anggarannya terbatas menggandeng pengusaha untuk meminjamkan dana. Begitu proyek turun, pengusaha ini juga menikmati dana pendidikan," terangnya. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News