Siswa Bingung Sistem Online

Siswa Bingung Sistem Online
Siswa Bingung Sistem Online
DISDIK Kota Cirebon sudah memastikan tak akan ada uji coba PPDB, meski sebenarnya banyak siswa yang kebingungan dengan cara online. Beberapa siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke SMA, mengaku kebingungan karena tidak mengerti cara mendaftar dan melihat hasil kelulusan. "Nggak ngerti, ribet caranya," ujar Siti Hajar, siswi SMPN 4 Palimanan yang ingin melanjutkan ke salah satu SMA negeri di Kota Cirebon.

Tak hanya Siti Hajar, Muhammad Niko Faqih Sidik, siswa SMPN 1 Palimanan juga kebingungan tentang cara sistem PPDB online. Menurutnya, daripada pusing daftar secara online, dirinya lebih memilih daftar langsung ke sekolah. “Saya sebenarnya sudah tahu kalau pendaftaran dan mengecek pengumuman di internet juga bisa. Untuk membuka dan caranya bagaimana, belum tahu," ungkapnya.

Menurut Niko, cara pendaftaran secara manual atau datang langsung ke sekolah dinilai lebih mudah. Sebab saat pengambilan nomor pendaftaran, dia tinggal mengambil formulir di sekolah, ditulis, lalu pulang. "Tapi kalau online, kan pake jaringan internet, pasti ada gangguan-gangguan," jelasnya.

Ayesha salah satu siswi SMP Geeta School mengatakan, PPDB online lebih susah meskipun tujuannya memudahkan dan menghemat proses pendaftaran siswa baru. "Cukup paham, soal prosesnya di website pendaftaran itu sudah dijelaskan tahap-tahap yang harus dilalui. Tapi, adakalanya saat tahap-tahap itu sulit dimengerti, karena penjelasannya kurang detail," tuturnya.

DISDIK Kota Cirebon sudah memastikan tak akan ada uji coba PPDB, meski sebenarnya banyak siswa yang kebingungan dengan cara online. Beberapa siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News