Siswa di Jatim Terbanyak Nasional Diterima PTN 2023, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah

Siswa di Jatim Terbanyak Nasional Diterima PTN 2023, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, JAWA TIMUR - Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan jumlah siswa paling banyak diterima dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Di jalur SNBP 2023, total sebanyak 23.477 siswa lulusan SMA/SMK Jatim yang berhasil diterima PTN. Jumlah ini menempati urutan pertama nasional.

Sedangkan untuk jalur SNBT, total ada sebanyak 35.862 siswa Jawa Timur yang berhasil diterima di PTN. Jumlah itu juga menempati urutan pertama nasional.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan syukur dan apresiasinya kepada seluruh siswa, guru dan juga wali murid yang telah berhasil memberikan dukungan dan support kepada para siswa Jatim sehingga bisa menempati urutan pertama nasional.

“Alhamdulillah tahun ini Jatim kembali menjadi yang paling banyak siswa yang diterima di PTN baik di jalur tanpa tes atau SNBP maupun yang dengan tes atau SNBT,” ujar Khofifah di Grahadi, Selasa (15/8).

“Capaian ini mempertahankan prestasi Jatim selama empat tahun berturut-turut untuk siswa paling banyak diterima PTN tanpa tes sejak tahun 2020. Begitu juga untuk jalur yang dengan tes kita juga berhasil mempertahankan capaian sejak tahun 2021,” imbuhnya.

Capaian ini tak lepas dari peran guru dan kepala sekolah yang secara maksimal memberikan pendampingan intensif pada siswa dengan melakukan banyak simulasi ujian ataupun berbagai latihan soal.

Langkah ini, dinilai Khofifah paling efektif untuk mempersiapkan siswa menghadapi soal-soal yang diujikan sekaligus manakar tingkat kesulitan soal.

Jatim berhasil pertahankan capaian terbanyak diterima tanpa tes sejak 2020, dan terbanyak diterima dengan tes sejak 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News