Siswa Indonesia Dominasi Juara I-EMC 2021, Luar Biasa

Siswa Indonesia Dominasi Juara I-EMC 2021, Luar Biasa
Virtual Award Ceremony I-EMC 2021, Sabtu (27/3). Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Siswa-siswi Indonesia mendominasi juara kompetisi matematika internasional Eduversal atau International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) 2021.

Dari total 90 juara yang diumumkan panitia, sebanyak 76 di antaranya adalah siswa-siswi Indonesia.

"Pandemi COVID-19 tidak menjadi halangan bagi pelajar di seluruh dunia terus berprestasi. Ini buktinya," kata Presiden I-EMC Tian Abdul Aziz, dalam virtual Award Ceremony I-EMC 2021, Sabtu (27/3).

I-EMC yang kedua kalinya ini diikuti oleh lebih dari 53 negara. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Jerman, Perancis, Korea Selatan, Kazakhstan, Thailand, Jepang, Vietnam, Nigeria, Afrika Selatan dan lainnya.

"Jumlah negara yang ikut meningkat, sebelumnya hanya 36 negara," ujarnya.

Karenanya, kompetisi matematika internasional ini menggunakan tiga zona waktu berbeda. Yakni, zona Asia, Eropa-Afrika, dan Amerika sehingga para peserta dari seluruh dunia tetap dapat ikut serta dengan nyaman.

"Ini untuk memotivasi para siswa dalam belajar di tengah pandemi agar menjadi generasi yang tangguh walau dalam kondisi terbatas," ucapnya.

I-EMC 2021 dibagi menjadi tiga level yaitu Primary bagi usia 9 - 12 tahun. Kemudian Junior untuk usia 13 - 15 tahun dan Senior utuk usia 16 -18 tahun.

Dari total 90 juara kompetisi matematika internasional I-EMC 2021, sebanyak 76 di antaranya adalah siswa-siswi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News