Siswa Jurusan Kuliner SMK PGRI 2 Kudus Dilatih Soft Skills, Jadi Lebih Kreatif Memasak

Siswa Jurusan Kuliner SMK PGRI 2 Kudus Dilatih Soft Skills, Jadi Lebih Kreatif Memasak
Siswa jurusan kuliner SMK PGRI 2 Kudus. Foto: dok SMK PGRI 2 Kudus

jpnn.com, KUDUS - Indonesia sangat kaya dengan budaya dan keberagaman cita rasa kuliner. Sejumlah kuliner khas Nusantara sudah dikenal dan tersebar ke berbagai negara.

Tak heran jika karier di bidang indutri kuliner kini makin populer dan banyak diminati oleh anak muda. Dunia masak memasak juga menjadi lebih glamor dan semakin cepat berkembang.

Salah satu tempat yang diharapkan mampu melahirkan juru masak handal adalah jurusan tata boga atau kuliner di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 2 Kudus.

Siswa di sekolah binaan Djarum Foundation ini tidak hanya diajarkan memasak tetapi juga dilatih untuk memiliki keterampilan lunak (soft skills) yang sesuai dengan kebutuhan industri kuliner. 

Mereka tidak hanya belajar di ruang kelas, dapur restoran juga menjadi tempat belajar mempraktikkan ilmu memasak, membuat kue, meracik minuman, dan berbagai hidangan spesial.

“Para siswa tidak hanya belajar memasak, tapi mereka juga diasah agar memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, penampilan yang baik, serta berpikir kritis dan berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja dan para pelanggan,” ujar Galuh Paskamagma, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Galuh menambahkan hal tersebut sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh industri kuliner untuk para lulusan pendidikan vokasi.

Siswa yang memiliki kompetensi khusus akan lebih banyak dicari dan berpotensi memiliki pendapatan lebih baik.

Para siswa tidak hanya diajarkan memasak tetapi juga dilatih untuk memiliki keterampilan lunak (soft skills) yang sesuai dengan kebutuhan industri kuliner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News