Selasa, 23 April 2019 – 15:32 WIB

Siswa SMA Pembocor Soal UNBK Terancam Dapat Nilai 0

Jumat, 05 April 2019 – 00:45 WIB
Siswa SMA Pembocor Soal UNBK Terancam Dapat Nilai 0 - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud sudah mengantongi nama-nama siswa SMA yang diduga terlibat kasus kebocoran soal UNBK (ujian nasional berbasis komputer).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ari Santoso menjelaskan, pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi nama-nama siswa yang berbuat culas itu.

”Jejak digital sudah teridentifikasi. Identitas, lokasi sekolah, dan kelas di mana siswa melaksanakan ujian sudah diketahui,” ungkapnya seperti diberitakan Jawa Pos.

Menurut Ari, yang terjadi pada UNBK 2019 mata pelajaran matematika tersebut bukan kebocoran soal, melainkan tindak kecurangan. Siswa sengaja memotret soal ketika ujian sedang berlangsung. Hasil jepretannya lalu diunggah ke grup percakapan LINE Square dengan tujuan meminta bantuan anggota grup lain untuk menjawab soal itu.

BACA JUGA: KPAI Minta Kemendikbud Rahasiakan Identitas Siswa SMA Pembocor Soal UNBK

Pelanggaran lain, siswa tersebut membawa handphone ke dalam ruang ujian. Berdasar aturan, membawa alat komunikasi, kamera, atau perangkat elektronik lain yang dapat merekam gambar merupakan bentuk pelanggaran berat.

Ari mengatakan, lolosnya siswa membawa handphone ke ruang ujian tidak terlepas dari kelalaian pengawas ujian yang bertugas.

Meski telah menemukan identitas siswa yang berbuat curang, Ari enggan membeberkan. Dia menegaskan bahwa Kemendikbud akan menindaklanjuti hasil penyelidikan serta mempertimbangkan jenis pelanggaran dan sanksi yang bakal diberikan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar