Siswa SMK Kuningan Ciptakan Pemanggang Biji Kopi Canggih di AHM Best Student 2023

Siswa SMK Kuningan Ciptakan Pemanggang Biji Kopi Canggih di AHM Best Student 2023
Peserta dari SMK Kuningan saat mempresentasikan invensinya di AHM Best Student 2023. Foto: AHM

jpnn.com, JAKARTA - Siswa SMK Karya Nasional Kuningan perwakilan Main Dealer Honda PT. Daya Adicipta Motora (DAM), Fikri Fadurohman sukses menelurkan karya invensinya di kompetisi Astra Honda Motor Best Student.

Melalui karya pemanggang biji kopi otomatis berteknologi tinggi berbasis mikrokontroler arduino, Fikri meraih Level Bronze pada AHM Best Student 2023.

Dalam pencapaiannya di tingkat Nasional, Fikri juga telah mengikuti serangkaian seleksi mulai di tingkat Regional bersaing dengan 72 siswa/i setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat.

Dilanjutkan seleksi presentasi online nasional bersaing dengan seluruh perwakilan dari setiap Provinsi di seluruh Indonesia, dan masuk ke dalam 10 finalis Grand Final AHM Best Student 2023 yang diselenggarakan di Jakarta pada 30 Oktober – 1 November 2023.

“Inovasi hadir dari kegelisahan terhadap proses penyangraian biji kopi dalam bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kedai Kopi di Kuningan, Jawa Barat. Masih banyak yang belum bisa melakukannya secara mandiri,” ujar Fikri Fadurohman.

AHM Best Student 2023 membagi ajang adu gagasan untuk anak setingkat SLTA itu dalam dua kategori, yakni ide dan invensi atau temuan.

Pada kategori Invensi, para siswa mempresentasikan karya yang sudah diproduksi dan sudah digunakan minimal 3 bulan, telah dibuat lebih dari 1 unit, serta sudah dijual ke masyarakat.

Karya di Invensi itu sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyarakat berupa produk atau jasa.

Siswa SMK Karya Nasional Kuningan Fikri Fadurohman menelurkan karya invensinya di AHM Best Student, yaitu pemanggang biji kopi otomatis berteknologi tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News