Siti Atikoh Sebut Pesantren Adalah Kawah Candradimuka Pembentukan Akhlak

Siti Atikoh Sebut Pesantren Adalah Kawah Candradimuka Pembentukan Akhlak
Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti di Pondok Pesantren (Ponpes) Darun Najah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/1). Dokumen Tim Media Siti Atikoh

jpnn.com, MALANG - Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darun Najah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/1), demi mengikuti acara Istigasah Kebangsaan.

Ratusan santriwan dan santriwati tampak menyambut kedatangan Atikoh bersama rombongan di lokasi.

Atikoh kemudian memasuki lokasi istigasah dan memperoleh kesempatan berbicara di hadapan ratusan santri.

Cucu pendiri Ponpes Riyadus Sholikin Kalijaran KH. Hisyam A Karim itu dalam sambutannya mengaku takjub dengan suasana di Ponpes Darun Najah yang didirikan KH. Achmad Muchtar Ghozali.

"Saya tadi diceritain bu nyai, tentang perjuangan beliau (Muchtar Ghozali, red) mulai mendirikan Ponpes Darun Najah. Benar-benar beliau pendirinya dari tangan pertama, sehingga bisa berdiri megah seperti ini," kata Atikoh mengawali sambutannya, Sabtu.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengatakan bahwa dunia pendidikan, khususnya pesantren layaknya kawah candradimuka. 

Santri, kata Atikoh, tidak boleh berkecil hati mengenyam pendidikan di pesantren karena mereka bakal diajarkan banyak hal dari urusan karakter sampai akhlak.

"Kawah candradimuka untuk pembentukan akhlak, ilmu-ilmu yang berkaitan dengan akhirat dan tentu saja juga ilmu duniawi, sehingga bisa seimbang semuanya," ujar ibunda Muhammad Zinedine Alam Ganjar itu.

Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengatakan pesantren menjadi kawah candradimuka pembentukan akhlak generasi penerus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News