Siti Nadia: Omicron Bisa Menular kepada Orang yang Sudah Divaksin

Siti Nadia: Omicron Bisa Menular kepada Orang yang Sudah Divaksin
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes) Siti Nadia Tarmizi berbicara dalam diskusi virtual Membendung Transmisi Omicron di Jakarta, Jumat (24/12/2021). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa varian Omicron dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa menular kepada orang yang sudah divaksin.  

Dia menyatakan bahwa orang yang sudah divaksin dan mendapat penguat (dosis tiga) juga masih bisa tertulari Covid-19 akibat infeksi varian Omicron.

Suatu studi terkait infeksi di Afrika Selatan menunjukkan infeksi Omicron dapat terjadi pada kelompok yang sudah mendapat vaksin dosis lengkap dengan gejala klinis ringan hingga sedang. 

"Dia (varian Omicron) bisa menularkan lagi pada orang yang sudah divaksinasi," kata Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi virtual Membendung Transmisi Omicron di Jakarta, Jumat (24/12). 

Nadia mengatakan penerapan protokol kesehatan secara konsiten menjadi sangat penting. 

Sebab, peningkatan jumlah kumulatif dari kasus Omicron sangat cepat dibandingkan varian lainnya.

Selain lebih cepat menular, kata Nadia, varian Omicron juga bisa menghindar dari sistem kekebalan tubuh, baik dari pascainfeksi alamiah maupun usai vaksinasi Covid-19. 

"Hal yang pasti kita ketahui bahwa memang Omicron ini penularannya lebih cepat dan bisa menghindar dari sistem kekebalan tubuh," ujar dia.

Siti Nadia Tarmizi mengatakan varian Omicron dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa menular kepada orang yang sudah divaksin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News