Situs BBC Dibobol Hacker

Situs BBC Dibobol Hacker
Ilustrasi

jpnn.com - BOSTON--Seorang hacker diam-diam mengambil alih komputer server lembaga penyiaran publik BBC Inggris. Sang peretas kemudian meluncurkan kampanye terkait perayaan Hari Natal dan meminta penjahat cyber lainnya untuk membayarnya jika menginginkan akses ke sistem BBC.

Meskipun tidak diketahui apakah hacker menemukan pembeli, tim keamanan BBC lantas menanggapi masalah ini pada Sabtu lalu dan berkeyakinan telah mengamankan situs tersebut. Pihak BBC sendiri menolak untuk membahas insiden tersebut. "Kami tidak mengomentari masalah keamanan," kata seorang juru bicara BBC kepada asiaone, Senin (30/12).

Hingga kini belum diketahui apakah sang hacker sukses mencuri data atau menyebabkan kerusakan dalam serangan itu. Kejadian itu pertama kali diidentifikasi oleh Hold Security LLC , sebuah perusahaan cybersecurity di Milwaukee yang memantau forum kejahatan cyber bawah tanah untuk mencari informasi yang dicuri.

Ahli sekuriti perusahaan mendeteksi hacker terkenal asal Rusia yang dikenal dengan moniker "Hash" dan "Rev0lver," mencoba untuk menjual akses ke server BBC pada 25 Desember.  "Hash" berusaha meyakinkan hacker lainnya bahwa ia telah menyusup ke situs BBC dengan menunjukkan file yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu," ujar Chief Information Security Officer LLC, Alex Holden.

BBC memiliki 23 ribu staf dan didanai sebagian besar oleh biaya lisensi yang dibayarkan setiap rumah tangga Inggris yang menonton televisi.

Perusahaan media, termasuk BBC , telah berulang kali ditargetkan oleh para peretas, termasuk Tentara Elektronik Suriah yang mendukung Presiden Suriah Bashar al - Assad , dan kelompok aktivis hacker lain yang men-deface (mengubah wajah) website dan mengambil alih akun Twitter. (esy/jpnn)

 


BOSTON--Seorang hacker diam-diam mengambil alih komputer server lembaga penyiaran publik BBC Inggris. Sang peretas kemudian meluncurkan kampanye


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News