Skandal Timah: Kejagung Sebatas Fokus Pemeriksaan CV Venus Inti Perkasa

Skandal Timah: Kejagung Sebatas Fokus Pemeriksaan CV Venus Inti Perkasa
Kejaksaan Agung (Kejagung). Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Kejaksaan Agung masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam megaskandal timah yang telah naik ke tahap penyidikan.

Setelah TT dijadikan tersangka, kini putranya yang berinisial T, selaku dirut PT. Menara Cipta Mulia (MCM), serta Ketua Satgas Penanganan Tambang Timah Ilegal, dicecar jaksa terkait kasus tersebut.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung saat dikonfirmasi pun hanya mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk membuat terang proses penyidikan perkara pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah IUP di PT. Timah Tbk mencapai ratusan triliun itu menjadi terang.

"Upaya tersebut sekalian untuk membuat terang tindak pidana" kata Ketut dalam keterangannya kepada wartawan.

TT alias Toni Tamsil alias Akhi dijadikan tersangka pada Kamis (25/1), tetapi baru diumumkan resmi oleh Kejaksaan Agung pada Senin (30/1).

Secara terpisah, ikut diperiksa HT alias Hasan Tjie alias Asin selaku Dirut CV. Venus Inti Perkasa yang sedari awal terus dicecar guna menutupi dugaan keterlibatan 4 Smelter lain yang ditunjuk PT. Timah, sejak 2018.

Sejak disidik, awal Oktober 2023 baru ditetapkan seorang tersangka atas nama TT terkait perkara penghalangan penyidikan bukan perkara pokok.

Jauh sebelum pemeriksaan Thamron telah diperiksa Manager Operasi PT. Menara Cipta Mulia, Kamis (11/1).

Penyidik Kejaksaan Agung masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam megaskandal timah yang telah naik ke tahap penyidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News