Skenario Tim yang akan Lolos dari Grup H Piala Dunia 2018

Skenario Tim yang akan Lolos dari Grup H Piala Dunia 2018
Bek Kolombia, Yerry Mina (kanan) membuka gol timnya ke gawang Polandia. Foto: fifa

jpnn.com, KAZAN - Dua hasil laga di matchday 2 Grup H membuat persaingan ke 16 Besar Piala Dunia 2018 menjadi panas. Jepang dan Senegal berbagi angka sama 2-2, sedangkan Kolombia menang 3-0 atas Polandia.

Itu membuat Jepang, Senegal dan Kolombia sama-sama punya peluang ke fase knock out, 16 Besar. Di matchday terakhir, Kamis (28/6), Senegal dan Kolombia harus berhadapan langsung, sementara Jepang berharap dapat poin dari Polandia yang sudah pasti tersingkir.

Bagaimana jika Jepang kalah dari Polandia? Berarti mereka harus menanti nasib dari laga Senegal versus Kolombia. Jepang bisa tetap lolos sebagai runner-up jika Senegal menang. Andai skornya imbang, wakil Asia itu harus beradu selisih gol dengan Kolombia karena poinnya akan sama, yakni empat.

Jika Kolombia dan Polandia yang menang di matchday ketiga, berarti Jepang dan Senegal harus beradu selisih gol untuk memperebutkan posisi runner-up.

Jadi, siapa yang berhak ke 16 Besar dari Grup H, pul yang menjadi satu dari dua grup di Piala Dunia 2018 (satunya lagi Grup A) yang dihuni oleh empat negara dari empat benua itu? Berikut di bawah ini penentuan lolos dari fase grup. (jpc/jpnn)

Skenario Tim yang akan Lolos dari Grup H Piala Dunia 2018

Regulasi penentuan lolos dari fase grup:

1. Poin
2. Selisih gol
3. Produktivitas gol

Grup H adalah satu dari dua pul di Piala Dunia 2018 yang diisi empat tim dari empat benua berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News