Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi
Skytrain Bandara Soekarno-Hatta. Foto dok humas AP II

jpnn.com, TANGERANG - Pengoperasian Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Shelter Terminal 3 mulai beroperasi hari ini, Minggu (17/9) atau bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional.

Pengoperasian Skytrain dilakukan setelah Kementerian Perhubungan melakukan sejumlah verifikasi khususnya terkait dengan keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

“Skytrain sebagai moda transportasi publik modern yang belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini menandakan dunia transportasi nasional terus berkembang demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Awal menjelaskan, pada tahap awal, Skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB.

Nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam satu hari. Penumpang pesawat juga bisa mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan Skytrain melalui aplikasi Indonesia Airport di smartphone iOS dan android.

Adapun lintasan yang dilalui pada tahap awal ini adalah sepanjang 1.700 m dan kapasitas 1 set Skytrain yang terdiri dari dua kereta yakni sebanyak 176 orang.

“Pengoperasian Skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018," jelasnya.

Saat beroperasi penuh, headway Skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit.(chi/jpnn)

Nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam satu hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News