Slamet PKS Memberikan Apresiasi Luar Biasa Kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo

Slamet PKS Memberikan Apresiasi Luar Biasa Kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Fraksi PKS) drh Slamet (posisi berdiri). Foto: Humas FPKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Legislator PKS drh Slamet memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan Badan Pangan Dunia (FAO) mewakili Asia Tenggara.

Penghargaan ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan besar kepada pemerintah Republik Indonesia atas pencapaian sektor pertanian selama ini.

Menurut Slamet, data BPS tahun 2020 mengungkapkan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan telah menyumbang 14,2 persen terhadap struktur PDB nasional dengan nilai Rp2.115 triliun atau berada di urutan kedua setelah industri pengolahan (20,6 persen senilai Rp3.086 triliun).

Pada tahun ini juga sektor pertanian tercatat menjadi satu-satunya lapangan usaha yang tumbuh positif saat PDB nasional terkontraksi 2,07 persen.

Sektor pertanian perikanan dan kehutanan tumbuh 1,75 persen dibandingkan sektor pertambangan minus 1,95 persen, industri pengolahan minus 2,93 persen, konstruksi minus 3,26 persen, perdagangan dan reparasi minus 3,72 persen, serta sektor lainnya minus 1,97 persen.

Namun, di sisi lain anggota komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS ini meminta agar prestasi tersebut tidak membuat Kementan terlena. Seba, sejatinya masih banyak hal yang harus dibenahi oleh pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian ke depannya seperti peningkatan kesejahteraan petani dan pengurangan impor komoditas pertanian.

“Prestasi ini harus terus dipertahankan dan jangan sampai terlena. Masih banyak persoalan yang  yang harus dibenahi pemerintah seperti bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani dan Indonesia mampu mengurangi impor komoditas pertanian,” ujar Slamet, Senin (28/6/2021).

Sebagai informasi menurut data BPS impor komoditas pertanian masih akan mendominasi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pangan seperti gula, kedelai, produk-produk hortikultura dan produk hewan.

Legislator PKS drh Slamet memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Begini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News