SMK Perakit Pesawat Minta Izin Terbang

SMK Perakit Pesawat Minta Izin Terbang
SMK Perakit Pesawat Minta Izin Terbang

jpnn.com - JAKARTA - Perkembangan SMK bidang penerbangan di Indonesia cukup signifikan. Saat ini sudah mulai banyak sekolah keahlian penerbangan yang merakit pesawat JABIRU J-430 buatan Australia. Meski sebatas merakit, para siswa meminta pemerintah memberikan izin terbang untuk menyempurnakan keahlian mereka di bidang kedirgantaraan.

Sekolah yang mengawali perakitan JABIRU J-430 adalah SMKN 29 Penerbangan Jakarta. Prestasi berikutnya, pesawat asal Negeri Kanguru juga dirakit oleh siswa-siswa SMKN 12 Bandung. Masalah di kedua sekolah itu sama. Hingga pesawat selesai dirakit, mereka belum mendapatkan izin terbang. Jadi, belum bisa diketahui apakah pesawat hasil rakitan anak bangsa itu bisa terbang atau tidak.

Kalangan sekolah pun mulai gerah. SMKN 12 Bandung bahkan sudah datang ke DPR supaya pemerintah mau membantu mengeluarkan izin terbang untuk pesawat yang sudah dirakit para siswa itu.

"Mesin-mesin kita ambil dari Australia dan dikerjakan sepenuhnya perakitannya di sekolah. Tenaga yang terlibat saat itu adalah 33 siswa," tutur Kepala SMKN 12 Bandung Edy Purwanto di DPR.

Ketua DPR Marzuki Alie yang menemui rombongan SMKN 12 Bandung itu mengapresiasi keberhasilan yang sudah diraih para siswa. Desakan supaya mendapatkan izin terbang akan dibahas DPR bersama pemerintah. (wan/c1/kim)


JAKARTA - Perkembangan SMK bidang penerbangan di Indonesia cukup signifikan. Saat ini sudah mulai banyak sekolah keahlian penerbangan yang merakit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News