SMP Pinggiran Mulai Kekurangan Murid

SMP Pinggiran Mulai Kekurangan Murid
SMP Pinggiran Mulai Kekurangan Murid
BLITAR - Ini bukti, banyak siswa kabupaten lebih suka sekolah di Kota Blitar. Usai berakhirnya penerimaan siswa baru (PSB), terdapat 17 SMP dan tiga SMK, yang kekurangan murid. Pagu yang tersedia tidak terpenuhi.

Untuk SMPN kurang 679 siswa baru, sedangkan SMKN kekurangan 279 pendaftar. Berdasarkan hasil rekapitulasi Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kabupaten Blitar, menyediakan pagu sebanyak 13.987 kursi untuk tingkat SMP/SMA/SMK. SMPN sebanyak 9.630 kursi, SMA 1.766 kursi, dan SMK 2.591 kursi.

Dari ketiga klasifikasi pendidikan itu, hanya SMA yang pagunya terpenuhi. Sedangkan SMP dan SMK, masih menyisakan tempat hingga pendaftaran berakhir. Dari SMK ada tiga lembaga yang pagunya tidak terpenuhi, yakni SMKN Panggungrejo, SMKN Bakung, dan SMKN Doko. Sedangkan SMP, terdapat 17 SMPN dari total 46 sekolah yang ada. Kasi Kesiswaan Dikda Kabupaten Blitar Rina Mardiati mengatakan, untuk SMK dari pagu 2.591 kursi yang disediakan hanya terpenuhi 2.318 kursi. Sedangkan tingkat SMP dari pagu 9.630 kursi terpenuhi 8.951 kursi (selengkapnya lihat tabel).

Menurut Rina, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak terpenuhinya pagu tersebut. Di antaranya jarak tempuh yang jauh menuju lokasi sekolah. Mengingat kondisi geografis Kabupaten Blitar yang sangat luas, sehingga ada beberapa sekolah yang sulit dijangkau. "Kebanyakan sekolah yang tidak terpenuhi berada di pinggiran kabupaten," jelas Rina.

BLITAR - Ini bukti, banyak siswa kabupaten lebih suka sekolah di Kota Blitar. Usai berakhirnya penerimaan siswa baru (PSB), terdapat 17 SMP dan tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News