SMRC: Analogi Jokowi Soal Pemimpin Lari Maraton Kuatkan Dukungan Untuk Ganjar

SMRC: Analogi Jokowi Soal Pemimpin Lari Maraton Kuatkan Dukungan Untuk Ganjar
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut kriteria pemimpin Indonesia di masa mendatang harus yang berani dan bisa lari maraton untuk melanjutkan program pemerintah.

Analogi dari Presiden Jokowi soal pemimpin berani dan mampu lari maraton seakan-akan makin menguatkan arah dukungannya kepada bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menuturkan analogi maraton serta pemimpin berani itu ada pada diri Ganjar.

"Saya kira, arah pembicaraan Jokowi itu cukup jelas, yakni Ganjar Pranowo. Di antara tiga bacapres terpopuler sekarang, kriteria yang dikemukakan oleh Presiden ada pada Ganjar," ujar dia kepada wartawan, Jumat (11/8).

Dia juga menyebut analogi dari Presiden Jokowi untuk pemimpin di masa mendatang itu sangat tepat.

"Maknanya adalah bahwa tantangan kebijakan ke depan sangat kongkrit, dibutuhkan sebuah stamina yang prima dan pikiran yang jernih untuk menghadapinya," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemimpin Indonesia di masa mendatang harus berorientasi masa depan yang lebih jauh untuk kepentingan semua, bukan untuk memenuhi kepentingan temporer dan jangka pendek kelompok tertentu.

"Oleh karena itu, diperlukan seorang calon pemimpin yang bukan hanya teruji, tetapi juga memang biasa berpikir dan bertindak kompleks. Pemimpin yang bisa bicara tentang detail-detail kebijakan dengan segala trade-offnya, bukan yang sekadar mengumbar slogan," beber Saidiman.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad menilai analogi yang disampaikan Presiden Jokowi soal kriteria pemimpin lari maraton makin kuatkan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News