SMRC: Wajar Ganjar jadi Capres Idola Gen Z

SMRC: Wajar Ganjar jadi Capres Idola Gen Z
Ganjar Pranowo menjadi narasumber pada Talkshow Milenial With Gen Z and Milenials Influencers, Selebgram, TikTokers di Hey Beach Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (28/5/2023). ANTARA/HO-Tim Media Ganjar/am.

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai wajar apabila Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo muncul menjadi yang paling digemari generasi Z dalam sejumlah survei. Sebab, dia menegaskan, karakter personel Ganjar Pranowo memang cocok dengan mayoritas generasi Z atau Gen Z.

"Secara personal, memang objektif. Ganjar memang sangat mirip dengan karakter Pak Jokowi. Generasi Z ini kan mereka ingin responsnya (pemerintah terhadap beragam persoalan) itu serius dan detail. Tidak ada sloganistik macam-macam," kata Saidiman dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/10).

Adapun survei periodik Litbang Kompas yang dirilis awal Oktober lalu merekam tingkat elektabilitas para bakal capres di kalangan gen Z atau mereka yang masuk dalam rentang usia 17-25 tahun. Kompas menemukan tingkat keterpilihan Ganjar di kalangan gen Z mencapai 31 persen.

Pada posisi kedua, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempel ketat dengan tingkat elektabilitas 28,2 persen. Kemudian, Bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan memperoleh 8,2 persen suara responden.

Kendati demikian, survei Litbang Kompas juga mendapati masih banyak pemilih dari kalangan gen Z yang tidak menjawab atau merahasiakan capres pilihannya di Pilpres 2024. Persentase untuk kategori tersebut 22,7 persen.

Menurut Saidiman, keunggulan Ganjar lainnya ialah karena sangat aktif di media sosial. Ganjar di berbagai platform medsos, rutin mengunggah aktivitas sehari-hari, yang terkadang tidak ada kaitannya dengan dunia politik. Hal itu cenderung disukai gen Z.

"Semisal lari-lari pagi. Bagi sejumlah orang, itu biasa saja, tetapi dilihat oleh generasi milenial, dia bisa berkomunikasi dengan siapa pun dan dijawab secara spontan. Itu juga penting. Membangun kualitas personal dari capres-capres, yang selain dia (Ganjar), terlihat fit, misalnya," ucapnya.

Faktor Jokowi juga turut memengaruhi tingginya tingkat keterpilihan Ganjar di kalangan gen Z.

Peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai wajar Ganjar Pranowo muncul sebagai kandidat yang digemari gen Z.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News