JPNN.com

SNMPTN 2020: Universitas Terbuka Siapkan Beasiswa untuk 100 Mahasiswa

Minggu, 01 Desember 2019 – 08:30 WIB SNMPTN 2020: Universitas Terbuka Siapkan Beasiswa untuk 100 Mahasiswa - JPNN.com
Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat (tengah). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Tawaran menarik bagi siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, Universitas Terbuka akan memberikan beasiswa bagi 100 siswa yang lulus.

Langkah UT ini merupakan gebrakan pertama, dari seluruh PTN yang menyelenggarakan SNMPTN.

"Mengingat UT baru kali pertama ini diikutsertakan dalam program SNMPTN, kami akan memberikan beasiswa full (semester I-VIII) bagi 100 mahasiwa hasil SNMPTN," kata Rektor UT Prof Ojat Darojat di sela-sela kompetisi The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival 2019 di Kampus UT, Pondok Cabe, Tangsel, Sabtu (30/11).

Dia menjelaskan, ini merupakan pilot project UT dalam menarik minat fresh graduate. Kalau ini sukses skalanya bisa lebih luas.

Untuk tahap awal SNMPTN UT menyiapkan beasiswa kepada 100 orang. Terdiri dari 50 mahasiswa untuk program studi (prodi) Sistem Informasi di UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) Serang dan Pangkalpinang. Sedangkan 50 lagi untuk mahasiswa yang memilih prodi Teknologi Informasi di UPBJJ Medan dan Makassar.

"Ada dua program studi informasi dan teknologi pendidikan yang kami tawarkan untuk beasiswa SNMPTN. Ini sesuai dengan program kekinian yaitu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran," terang Prof Ojat Darojat.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan UT memberikan beasiswa ini untuk meningkatkan APK (angka partisipasi kasar), membantu siswa yang bagus prestasinya di SMA tetapi tidak punya kesempatan masuk universitas karena alasan biaya. Juga alasan geografis karena ada di daerah terpencil.

Adapun syarat mendapatkan beasiswa ini paling tidak IPK-nya minimal harus 2,75. Kalau IPK-nya turun, otomatis beasiswanya dicabut dan mereka harus membayar sendiri.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...