Soal Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Hasto PDIP: Survei Sebagai Alat Pemenangan 

Soal Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Hasto PDIP: Survei Sebagai Alat Pemenangan 
Dokumentasi - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto soal elektabilitas Prabowo-Gibran. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab santai saat ditanya awak media tentang temuan survei yang menyebut elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tertinggi dibandingkan capres-cawapres 2024 lainnya.

Menurutnya, temuan survei yang menunjukkan Prabowo dan Gibran tinggi sebagai alat memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 itu.

"Itu survei dipakai sebagai bandwagon effect, survei sebagai alat pemenangan," kata Hasto menjawab awak media setelah Rapat Konsolidasi PDIP di Bali, Rabu (22/11).

Toh, kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu, bisa saja survei mengalami intervensi, mengingat Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga yudikatif mengalami tindakan serupa. 

"Kalau keputusan MK saja bisa diintervensi istana, masak survei tidak," ujar Hasto.

Dia mengatakan mudah sebenarnya mengintervensi survei melalui pembagian sembako bergambar Prabowo dan Gibran kepada responden sebelum penelitian dilakukan.

"Caranya mudah. Di lokasi di mana sampel akan diambil, lalu dibagi sembako dan beras, kan, itu sudah ada beras bergambar Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Hasto, lalu tertawa.

Namun, pria kelahiran Yogyakarta itu tetap meyakini suara Ganjar dan Mahfud akan tetap tinggi dalam pemungutan suara Pilpres 2024 RI.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut temuan survei yang menunjukkan Prabowo dan Gibran tinggi sebagai alat memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News