Soal Haji 2022, Legislator PDIP Minta Arab Saudi Menyiapkan Fasilitas Kesehatan

Soal Haji 2022, Legislator PDIP Minta Arab Saudi Menyiapkan Fasilitas Kesehatan
Jemaah haji Indonesia.Ilustrasi Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Diah Pitaloka berharap pihak Arab Saudi bisa menyiapkan layanan kesehatan setelah negara Timur Tengah itu memutuskan membuka pelaksanaan Haji 2022.

"Terutama fasilitas kesehatan agar aksesnya tidak sulit bagi jemaah haji Indonesia," kata Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) itu kepada wartawan, Jumat (15/4).

Diah menuturkan bahwa soal fasilitas kesehatan ini menjadi penting setelah negara-negara di dunia memutuskan pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Menurut Anggota Badan Legislatif (Baleg) DPR RI itu, masih ada risiko kesehatan seperti penularan Covid-19 antarjemaah yang menggelar haji sehingga fasilitas kesehatan perlu diperhatikan Arab Saudi.

Terlebih lagi, level kekebalan komunal di beberapa negara tidak sama dan masih ada potensi varian baru Covid-19.

"Masih ada varian yang ada, imunitas orang beragam, imunitas negara juga beragam, itu yang perlu diwaspadai juga," ungkap Diah.

Namun, dia percaya Arab Saudi mampu mempersiapkan segala kebutuhan Haji 2022 dan memberikan pelayanan optimal bagi para jemaah dari berbagai penjuru dunia.

Di sisi lain, Diah mengimbau para jemaah haji asal Indonesia bisa mempersiapkan diri dengan baik jika melaksanakan ibadah suci ke Arab Saudi.

Diah menuturkan soal fasilitas kesehatan untuk jemaah Haji 2022 menjadi penting setelah negara-negara di dunia memutuskan pandemi Covid-19 jadi endemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News