Soal Keamanan Galon Guna Ulang, Perhimpunan Dokter PBNU Dukung Aturan BPOM

Selasa, 08 Juni 2021 – 14:06 WIB
Soal Keamanan Galon Guna Ulang, Perhimpunan Dokter PBNU Dukung Aturan BPOM - JPNN.com
Kemasan air minum galon guna ulang. Foto: dok Aspadin

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Perhimpunan Dokter Perhimpunan Nahdlatul Ulama (PDNU) Muhammad S Niam membantah berita seputar bahaya BPA pada galon guna ulang.

Niam menegaskan PDNU dalam hal ini mendukung aturan BPOM tentang keamanan galon guna ulang.

Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut untuk menanggapi adanya pihak-pihak yang memelintir berita terkait bahaya kandungan BPA dalam air kemasan galon guna ulang dengan mencatut nama salah satu pengurus Perhimpunan Dokter PBNU.

“Selama ini dan sampai sekarang ini kami masih pakai air galon guna ulang. Kami masih support untuk penggunaannya. Secara praktis, kami masih menggunakan itu di mana-mana, di tempat kerja juga,” ujarnya, Senin (7/6).

Niam juga mengatakan sampai saat ini belum pernah dengar ada yang terkena penyakit karena telah meminum air galon guna ulang itu. 

Menurutnya, masyarakat baru percaya bahwa air galon guna ulang itu membahayakan kesehatan jika sudah dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah.

“Tapi, kalau belum ada dan itu cuma dugaan-dugaan saja, ya nggak bisa dijadikan pedoman. Kita harus melihat jurnal-jurnal ilmiah terbarunya,” ucap Niam.

Karenanya, dia menegaskan bahwa PBNU maupun PDNU tetap mendukung BPOM dalam hal ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...